Kriteria Public Relation




Profesi Public Relation merupakan posisi yang sangat sentral dalam sebuah organisasi maupun perusahaan. Public Relations memegang peran yang sangat penting dalam menumbuhkan ikatan emosional yang baik dalam hubungan internal perusahaan antara atasan dengan bawahan. Seorang Public Relations juga berperan dalam menanamkan rasa kepercayaan dan loyalitas antara perusahaan dengan publiknya, baik publik internal dan publik eksternal.
Adapun beberapa persyaratan mendasar bagi profesi public relation, antara lain :
  1. Ability to communicate (kemampuan berkomunikasi)
Kemampuan berkomunikasi bagi seorang PR sangatlah penting. Komunikasi tersebut dapat dilakukan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dalam bentuk lisan, yakni ia harus mampu berbicara di depan umum, harus mampu melakukan presentasi, mampu mewawancarai dalam upaya mengumpulkan fakta dan data, dan diwawancarai pers atau wartawan sebagai sumber berita dan kemampuan berkomunikasi lisan lainnya.
  1. Ability to organize (kemampuan manajerial atau kepemimpinan)
Kemampuan manajerial atau kepemimpinan seorang PR dapat diartikan sebagai kemampuan mengantisipasi masalah di dalam maupun luar organisasi, termasuk kemampuan untuk menyusun rencana kegiatan dan melaksanakannya. Seorang PR diharapkan mampu mengorganisasikan kegiatan PR. Profesi PR harus mampu berpikir jernih dan obyektif.
  1. Ability on get the with people (kemampuan bergaul atau membina relasi)
Setiap orang yang berprofesi PR harus selalu memperluas jaringan atau networking sehingga dapat memperlancar tugasnya sebagai pejabat PR. Personal Aproaching (pendekatan personal) harus dilakukan seorang profesi PR, kendati tetap dalam koridor mempertahankan integritas profesi masing-masing.
  1. Personality integrity (memiliki kepribadian yang utuh dan jujur)
Kepribadian yang utuh dan jujur artinya seorang PR harus memiliki kredibilitas yang tinggi, yakni dapat diandalkan dan dipercaya oleh orang lain, dan dapat diterima sebagai yang memiliki kepribadian utuh dan jujur.
  1. Imagination (banyak ide dan kreatif)
Memiliki imajinasi (banyak ide dan kreatif) dalam pengertian seorang PR harus memiliki wawasan yang luas, permasalahan serumit apapun harus diketahui benang merah persoalannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Solidaritas untuk Mendukung Social Distancing

Pentingnya Cuci Tangan untuk Stop Penyebaran Virus Corona