Kriteria Public Relation
Profesi Public Relation merupakan posisi yang sangat sentral dalam sebuah organisasi maupun perusahaan. Public Relations memegang peran yang sangat penting dalam menumbuhkan ikatan emosional yang baik dalam hubungan internal perusahaan antara atasan dengan bawahan. Seorang Public Relations juga berperan dalam menanamkan rasa kepercayaan dan loyalitas antara perusahaan dengan publiknya, baik publik internal dan publik eksternal.
Adapun beberapa persyaratan mendasar bagi profesi public relation, antara lain :
- Ability to communicate (kemampuan berkomunikasi)
Kemampuan
berkomunikasi bagi seorang PR sangatlah penting. Komunikasi tersebut
dapat dilakukan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dalam bentuk lisan,
yakni ia harus mampu berbicara di depan umum, harus mampu melakukan
presentasi, mampu mewawancarai dalam upaya mengumpulkan fakta dan data,
dan diwawancarai pers atau wartawan sebagai sumber berita dan kemampuan
berkomunikasi lisan lainnya.
- Ability to organize (kemampuan manajerial atau kepemimpinan)
Kemampuan
manajerial atau kepemimpinan seorang PR dapat diartikan sebagai
kemampuan mengantisipasi masalah di dalam maupun luar organisasi,
termasuk kemampuan untuk menyusun rencana kegiatan dan melaksanakannya.
Seorang PR diharapkan mampu mengorganisasikan kegiatan PR. Profesi PR
harus mampu berpikir jernih dan obyektif.
- Ability on get the with people (kemampuan bergaul atau membina relasi)
Setiap
orang yang berprofesi PR harus selalu memperluas jaringan atau
networking sehingga dapat memperlancar tugasnya sebagai pejabat PR.
Personal Aproaching (pendekatan personal) harus dilakukan seorang
profesi PR, kendati tetap dalam koridor mempertahankan integritas
profesi masing-masing.
- Personality integrity (memiliki kepribadian yang utuh dan jujur)
Kepribadian
yang utuh dan jujur artinya seorang PR harus memiliki kredibilitas yang
tinggi, yakni dapat diandalkan dan dipercaya oleh orang lain, dan dapat
diterima sebagai yang memiliki kepribadian utuh dan jujur.
- Imagination (banyak ide dan kreatif)
Memiliki
imajinasi (banyak ide dan kreatif) dalam pengertian seorang PR harus
memiliki wawasan yang luas, permasalahan serumit apapun harus diketahui
benang merah persoalannya.
Komentar
Posting Komentar